ABOUT THE JOURNAL


Focus and Scope

Health Information : Jurnal Penelitian merupakan jurnal dengan konsep akses terbuka (Gold Open Access) dan proses penerbitannya menggunakan sistem peninjauan sejawat (double-blind peer review) yang fokus menyebarluaskan hasil telaah keilmuan bidang kesehatan mulai dari ilmu dasar, klinis, maupun komunitas berbasis masyarakat. HIJP menerbitkan artikel hasil (1) kajian medis dasar, klinis, atau komunitas; (2) ulasan artikel/teori; (3) laporan kasus; (4) brief communication; dan (5) correspondence.

tema kajian dapat berupa, namun tidak terbatas pada:

  • Keilmuan keperawatan (jiwa, keluarga, gerontik, medikal bedah, gawat darurat, anak, manajemen)
  • Keilmuan kebidanan (antenatal & postnatal care, kesehatan ibu & anak)
  • Keilmuan gizi (gizi klinik, gizi institusi, gizi masyarakat)
  • Keilmuan analis kesehatan (parasitologi, mikrobiologi, penyakit tropis di wilayah pesisir)
  • Keilmuan kesehatan secara umum (kesehatan masyarakat, epidemiologi, kesehatan lingkungan, farmasi, dan kedokteran)

Back to Top

Section Policies

Naskah yang melalui proses peninjauan sejawat secara double-blind adalah artikel asli (kajian medis dasar, kajian klinis, atau kajian komunitas), Laporan kasus, ulasan artikel/teori, dan brief communication. Sedangkan editorial, correspondence, dan commentary hanya akan melalui proses peninjauan editorial.

Back to Top

Editorial Process

Tata letak isi naskah wajib menyesuaikan dengan template artikel HIJP

  1. Submission
    • Naskah diserahkan oleh penulis melalui sistem OJS;
    • Section editor/editorial staff melakukan initial pra-review yang meninjau kesesuai naskah dengan bidang keilmuwan jurnal (focus and scope), dan kelengkapan lampiran pendukung naskah (isian formulir konflik kepentingan dan data kajian, dan/atau kesesuaian isi naskah dengan model kajiannya berdasarkan equator-network);
    • Setelah melalui initial pra-review, naskah memasuki proses pra-review yaitu peninjauan yang hanya melibatkan editor dan penulis. Pada peninjauan ini, editor menilai naskah melalui hasil uji kemiripan. hasil uji ini akan ditentukan apakah telah terjadi pelanggaran etika publikasi (plagiarsime dan publikasi berulang). Selain melakukan uji kemiripan, editor akan mengevaluasi apakah terdapat misinterpretasi hasil kajian dan data kajian palsu atau direkayasa. Editor akan memutuskan apakah proses editorial dapat dilanjutkan atau naskah dikembalikan kepada penulis (reject).
  2. Review
    • Formal Review
      Editor menunjuk mitra bestari untuk melakukan peninjauan sejawat. Dengan majemuknya bidang keilmuan yang dicakup oleh HIJP, sehingga disinilah peran utama mitra bestari sangat diharapkan. Mitra bestari yang dipilih sangat diusahakan sesuai agar kepakarannya sesuai dengan keilmuan pada naskah.
      Untuk mempercepat tersampaikannya ilmu yang dikandung pada naskah, HIJP merekomendasikan setiap naskah hasil revisi dari proses ini disimpan ke repositori pre-print. Untuk melakukan ini, pada naskah tersebut harus memuat informasi bahwa naskah sedang dalam proses peninjauan sejawat pada HIJP. Dan sebagai catatan, repositori pre-print yang direkomendasikan adalah yang dapat memberikan Digital Objek Identifier/DOI. Hal ini sangat penting agar naskah mudah dan dapat disitasi secara lengkap.
    • Post-review
      Kembali editor melakukan peninjauan etika publikasi yang dilakukan oleh penulis selama menjalani proses review. Selain keputusan mitra bestari, penerimaan naskah sangat bergantung kepada tidak ditemukannya kecurangan ilmiah (scientific misconduct). Jika naskah diterima, editorial office akan menerbitan Letter of Acceptance/LOA dan naskah wajib disesuaikan tata letaknya sesuai template artikel HIJP.
  3. Proofreading
    Setelah penulis menyelesaikan pembayaran APC nya, naskah akan memasuki proses perbaikan tata bahasa dan penyesuaian kembali isi naskah dengan tata letak template artikel HIJP. Pada tahap ini, semua penulis sudah harus disebutkan kontribusinya (HIJP mengadopsi taksonomi Contributor Roles Taxonomy) dan semua penulis perlu mengautorisasikan akun ORCID Id nya ke HIJP (autorisasi, bukan menempelkan ORCID iD secara manual). Naskah hasil proofreading akan ditinjau kembali oleh editor untuk menentukan apakah tata letak nya telah sesuai dengan gaya artikel HIJP.
  4. Production
    Hasil penyesuaian tata letak dan perbaikan tata bahasa isi, naskah dikembalikan kepada penulis untuk diminta persetujuannya. Persetujuan yang diberikan menjadi tanda bahwa proses editorial yang dilalui oleh penulis telah selesai dan naskah akan digolongkan sebagai article inpress sehingga dapat diakses secara terbuka dari website HIJP. article inpress belum memuat (1) nomor halaman; dan (2) badge Crossmark.
  5. Publication
    Editor menerbitkan naskah sebagai artikel. Artikel yang diterbitkan oleh HIJP mendapatkan Digital Object Identifier/DOI dan metadatanya terus dipelihara oleh penerbit. Artikel yang terpublikasi sudah dapat diklaim kepenulisannya sesuai kebutuhan penulis, apakah akan digunakan untuk kepangkatan, dipresentasikan atau didesiminasikan. Hal yang tidak kalah penting adalah penulis perlu menyebarkan artikelnya melalui platform media sosial, website, atau bahkan mengklaimnya di Publons, Mendeley, Sciprofile dan ORCID.

Back to Top

Peer Review Process

Peranan mitra bestari sangat vital pada HIJP. Mitra bestari membantu editor untuk menentukan apakah suatu naskah layak untuk diterbitkan, dan mitra bestari mengkritisi naskah agar memiliki 'nilai' bagi ilmu pengetahuan. Mitra bestari HIJP melakukan peninjauan yang bersifat double-blind yang mana masing-masing penulis maupun mitra bestari saling tidak mengenal. Dan untuk menghindari potensi konflik kepentingan, sebelum ditugaskan, akan dilakukan pelacakan kemitraan antara penulis dan mitra bestari.
Dalam melakukan peninjauan, mitra bestari akan diberikan daftar isian untuk mengarahkan penilaian yang diberikan sehingga peninjauan berlangsung objektif, transparan, dan tidak mengandung bias. Daftar isian ini berasal dari hasil kajian Parker at al (2018). Dan dalam melakukan peninjauan, mitra bestari perlu memperhatikan dan mengimplementasikan etika publikasi yang berlaku di HIJP.
Sebagai respons penulis terhadap hasil peninjauan, penulis mengisi author respons. Penggunaan formulir author respons ini akan menjadi landasan penerbit untuk mempublikasikan hasil peninjauan sejawat, transparansi ini direkomendasikan oleh asapbio.org dan akan diimplementasikan pada HIJP dimasa mendatang.
Agar proses peninjauan sejawat terlaksana dengan baik, baik editor, mitra bestari dan penulis perlu mempelajari dokumentasi proses review yang secara resmi diterbitkan oleh Public Knowledge Project (PKP).

Back to Top

Publication Frequency

Artikel terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember

Back to Top

Open Access Policy

Semua artikel yang diterbitkan oleh HIJP berlisensi CC-BY-SA 4.0, dapat full text diakses secara langsung melalui website HIJP tanpa harus melakukan mendaftar/masuk menggunakan akun apapun.

Back to Top

Advertising Policy

Iklan yang ditampilkan pada website HIJP hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan. aturan dan keputusan editorial tidak akan dipengaruhi oleh pengiklan. Siapapun yang mengakses website HIJP dapat memberikan masukan atau kritik terhadap iklan yang tampil dengan cara menghubungi penerbit jurnal melalui email atau langsung berkorespondensi di Kantor Editorial, Gedung Rektorat Lt. 1, Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari, Jalan. A.H Nasution G-14, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, 93231.

Back to Top

Funding Sources

Pengelolaan keuangan di HIJP mendapatkan dana dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari, biaya Article Processing Change (APC) yang dibebankan kepada penulis dan melalui mekanisme pemasangan iklan. Pengelolaan keuangan HIJP sedapat mungkin mengacu kepada desain yang diterbitkan oleh Fair Open Access Alliance/FOAA.

Back to Top

Informasi ini terakhir diperbaharui pada 30 Mei 2020