PANDUAN UNTUK PENULIS


Penyerahan Naskah

Semua naskah yang diserahkan untuk proses publikasi pada Health Information : Jurnal Penelitian wajib melalui sistem jurnal Poltekkes Kemenkes Kendari, sistem jurnal ini menggunakan peranti lunak open journal system (OJS). Anda dapat lebih dahulu mempelajari proses pengelolaan naskah bagi penulis. Untuk menyerahkan naskah, anda dapat langsung mendaftar atau masuk ke sistem. Jika mengalami kendala teknis, silahkan menghubungi kami melalui email jurnaldanhakcipta@poltekkes-kdi.ac.id.

Back to Top

Asas Utama

Naskah yang penulis serahkan merupakan karya asli (bebas dari penyimpangan etika (penelitian dan publikasi)) dan tidak sedang diserahkan ke penerbit jurnal lain (penerbit jurnal berbeda dengan pengarsipan mandiri melalui preprint) ( berikut aturan HIJP terkait pengarsipan mandiri menggunakan Preprint) dan format penyusunan isi naskah mengacu dari standar HIJP.
Naskah yang memiliki banyak kesalahan (tata bahasa, sitasi, etika kajian/publikasi) akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki atau tidak perlu diserahkan kembali ke HIJP (ditolak). Proses peninjauan ini dapat berasal dari editorial reviu editorial atau revieu mitra bestari.
Setelah naskah diserahkan, tim editor dapat menyesuaikan gaya selingkung agar sesuai dengan yang digunakan oleh HIJP.

Back to Top

Etika Penelitian

Naskah yang masuk ke HIJP adalah hasil kajian yang pelaksanaannya mengikuti aturan etik Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) institusi Indonesia/luar negeri, baik kajian yang melibatkan hewan ataupun manusia sebagai subjek.

Back to Top

Etika Publikasi

HIJP mengadopsi prinsip etika publikasi yang diterbitkan oleh the Committee on Publication Ethics (COPE), the World Association of Medical Editors (WAME), dan the International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE) baik untuk menjadi landasan aturan maupun pijakan memutuskan perkara etik.

Back to Top

Struktur Isi Naskah

Full-text artikel yang kami menggunakan bahasa indonesia, namun bagian abstrak wajib memuat dua bahasa yang memiliki sub masing-masing yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Tataletak gaya penulisan naskah silahkah mengikuti template layout HIJP.

Panduan berikut merupakan pelaksanaan dari rekomendasi International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE), dan Consortia Advancing Standards in Research Administration Information (CASRAI) pada penggunaan Contributor Roles Taxonomy (CRediT). Sehingga sebagai bentuk praktik terbaik, penulis perlu mengupayakan (panduan ini bersifat mandatori) seminimal mungkin naskah yang disiapkan wajib memiliki bagian-bagian berikut:

✔ Title Page
    1. Article title
      Memuat deskripsi yang merangkum seluruh isi naskah. Pada bagian ini, penulis perlu juga mencantumkan desain penelitian yang telah dilakukan (randomized trialssystematic review & meta-analyses, atau observational study). Jumlah kata dapat dituliskan 12-15 kata. Kami sangat merekomendasikan anda untuk mempelajari tips singkat berikut tentang membuat tulisan yang mudah terbaca oleh mesin pencari.
    2. Author Information
      Pada bagian ini, penulis dan tim penulis memperkenalkan diri mereka. Informasi yang dibagikan adalah:
      a. Nama lengkap beserta gelar tertinggi yang telah diraih;
      b. Afiliasi masing-masing penulis (Unit Kerja/Organisasi/Institusi);
      c. Alamat email dan nomor telepon masing-masing penulis;
      d. Kontribusi masing-masing penulis; Penulisan kontribusi setiap penulis wajib mengacu kepada Contributor Roles Taxonomy.
      Hal penting yang juga sangat perlu untuk dilakukan oleh setiap penulis adalah menyematkan dan mengatorisasikan ORCID iD nya ke HIJP. Hal ini dapat dilakukan saat mendaftar akun OJS HIJP atau melalui menu profile bagi yang telah mendaftar akun OJS HIJP (dan belum menyematkan dan mengautorisasikan ORCID iD nya).
    3. Disclaimer
      Penulis menyatakan klaim yang menjelaskan apakah isi dari naskah yang diajukan merupakan pandangan dari penulis atau tim penulis dan bukan pendapat institusi/posisi ofisial jabatan/pemberi dana bantuan.
    4. Source(s) of support
      Jelaskan secara gamblang apakah penelitian yang telah dilakukan didanai oleh suatu lembaga/institusi? jika 'ya', lampirkan nomor dokumen yang menyatakan pendanaan tersebut.
    5. Disclosure of relationships and activities
      Sebagai bentuk usaha untuk mendapatkan kepercayaan publik terhadap naskah yang akan diterbitkan, penulis perlu memahami bahwa pernyataan yang dibuat sebagai penjelasan hubungan dan aktivitas penulis terhadap segala hal yang dapat menimbulan bias atau konflik kepentingan akan memperjelas posisi penulis dan naskah yang akan dia terbitkan. HIJP menggunakan formulir Conflict of Interest (hanya dapat diisi menggununakan aplikasi Acrobat Reader DC) yang diterbitkan oleh ICMJE, dan pengisian ini merupakan mandat dari penerbit kepada penulis.
✔ Abstract
    Setiap desain penelitian memiliki model (randomized trialssystematic review & meta-analyses, atau observational study) tersendiri terhadap apa yang harus tersampaikan pada bagian ini. Namun secara umum, intisasi harus mengandung latar belakang, tujuan, prosedur dasar (pengambilan sampel/partisipan, tempat, pengukuran, metode analisis), hasil temuan (didahulukan salah satu variabel yang paling memberikan/tidak memberika pengaruh/hubungan), dan kesimpulan. Pada intisasi, tidak diperkenankan memberikan interpretasi terhadap hasil penelitian secara berlebihan (sampaikan saja apa adanya sesuai hasil temuan/kajian) dan perlu disampaikan kendala-kendala yang ditemui dan aspek terpenting/terbaru dari penelitian/kajian yang telah dilakukan.
    Jika data pada naskah telah didepositkan pada server preprint dan/atau sedang digunakan pada naskah kedua (publikasi lain), maka penulis wajib menyampaikan hal tersebut pada bagian akhir dari intisasi, lengkap dengan identitas depositor nya.
✔ Introduction
    Setiap desain penelitian memiliki model (randomized trialssystematic review & meta-analyses, atau observational study) tersendiri terhadap apa yang harus tersampaikan pada bagian ini.
✔ Methods
    Salah satu inti dari penyampaian metodologi adalah seberapa jelas penulis mengatakan bahwa kajian yang telah dilakukan dapat direplikasi oleh orang lain, sehingga dalam menyampaikannya perlu secara jelas dan padat. Penulis perlu memperhatikan panduan-panduan penulisan metodologi yang sesuai dengan desain penelitian/kajiannya, apakah (randomized trialssystematic review & meta-analyses, atau observational study).
✔ Results
    Sampaikan hasil kajian menggunakan tabel, gambar, dan/atau narasi tekstual. Dahulukan hasil kajian yang paling menonjol, dan jika menggunakan tabel atau gambar, jangan menarasikan seluruh isi tabel atau gambar tersebut namun sampaikan saja hal-hal yang paling penting. Detail yang perlu disampaikan pada hasil kajian, penulis perlu merujuk kepada rekomendasi CONSORTSTROBE, atau PRISMA.
✔ Discussion and Conclution
    Awali pembahasan naskah anda dengan memberikan gambaran hasil kajian secara umum dan kemudian eksplorasi hasil kajian tersebut dengan memberikan landasan dari jurnal ilmiah/hasil kajian lain. Penulis perlu memahami bahwa salah satu sumber ilmu yang terus diperbaharui diterbitkan melalui jurnal ilmiah, sehingga sumber ini wajib menjadi rujukan utama penulis.
    Jujurlah dalam menuliskan pembahasan, tidak perlu mengambil kesimpulan yang berlebihan yang tidak sesuai dengan hasil kajian anda, sebab kami juga menerima hasil kajian yang negatif (tidak sesuai dengan hipotesis).
✔ References
    1. General considerations
      Dalam mengambil sumber pusataka, prioritaskan mengambil dari sumber aslinya (tidak masalah apakah kajian yang anda rujuk tersebut terbit pada tahun 2000-an misalnya, namun tetap usahakan untuk mencari kajian terbaru dalam tema tersebut). Hindari merujuk dari artikel yang terbit pada jurnal predatory or pseudo-journals .
Kami mengharuskan penulis menggunakan Reference Manager Software (RMS) yang dapat dipasang pada perangkat komputer, dan sangat merekomendasikan penggunaan RMS Mendeley.
    2. Syle and format
      Gunakan gaya selingkung Americal Psychological Association (APA) 6th Edition, teknis pengaturan gaya selingkung ini dapat anda temui pada masing-masing RMS atau aplikasi bibliografi versi online.

Back to Top

Informasi ini terakhir diperbaharui pada 3 Januari 2021