Deposit Pra-Pascapublikasi

Preprint (Prapublikasi)

Preprint merupakan cara cepat untuk menyebarkan hasil kajian namun tetap dapat memberikan manfaat kepada penulisnya, karena artikel yang dipreprintkan dapat langsung disitasi, dikomentari secara terbuka, dan mendapatkan Digital Object Identifier (DOI). Kami menganjurkan kepada penulis untuk mempreprintkan naskahnya, segera setelah naskah melalui proses review. Media preprint yang dapat digunakan oleh penulis (dan kami sangat merekomendasikannya untuk digunakan) adalah The Preprint Server of Indonesia (RINarxiv).

  • Artikel yang kemudian diterbitkan dan memiliki naskah pada server preprint, DOI atau link identifikasi naskah dari media preprintnya akan ditampilkan pada full-text dan metadata artikel.
  • Naskah yang dipreprintkan wajib menggunakan lisensi Creative Common International License.
  • Pada server preprint, peneliti lain dapat memberikan komentar atau memberikan review atas naskah. Hasil review dari komunitas ini akan diperhatikan oleh editor dan penulis sebagai perbaikan atas naskah.

 (Postprint) Pascapublikasi

Sangat dianjurkan kepada penulis untuk menyebarkan terbitan artikel pada media sosial, melalui website pribadi, atau repositori umum namun yang penting untuk diingat adalah tetap mengikuti lisensi yang dikeluarkan oleh penerbit. Secara khusus, penulis dapat mengklaim artikel menggunakan DOI lookup pada Publons yang juga memungkinkan terjadinya Post Publication Peer Review melalui platform tersebut.