Peer Review Policy

Peranan mitra bestari sangat vital pada HIJP. Mitra bestari membantu editor untuk menentukan apakah suatu naskah layak untuk diterbitkan, dan mitra bestari mengkritisi naskah agar memiliki 'nilai' bagi ilmu pengetahuan. Mitra bestari HIJP melakukan peninjauan yang bersifat double-blind yang mana masing-masing penulis maupun mitra bestari saling tidak mengenal. Dan untuk menghindari potensi konflik kepentingan, sebelum ditugaskan, akan dilakukan pelacakan kemitraan antara penulis dan mitra bestari.
Dalam melakukan peninjauan, mitra bestari akan diberikan daftar isian untuk mengarahkan penilaian yang diberikan sehingga peninjauan berlangsung objektif, transparan, dan tidak mengandung bias. Daftar isian ini berasal dari hasil kajian Parker at al (2018). Dan dalam melakukan peninjauan, mitra bestari perlu memperhatikan dan mengimplementasikan etika publikasi yang berlaku di HIJP.
Sebagai respons penulis terhadap hasil peninjauan, penulis mengisi author respons. Penggunaan formulir author respons ini akan menjadi landasan penerbit untuk mempublikasikan hasil peninjauan sejawat, transparansi ini direkomendasikan oleh asapbio.org dan akan diimplementasikan pada HIJP dimasa mendatang.
Agar proses peninjauan sejawat terlaksana dengan baik, baik editor, mitra bestari dan penulis perlu mempelajari dokumentasi proses review yang secara resmi diterbitkan oleh Public Knowledge Project (PKP).