Etika Publikasi

Halaman ini memuat etika publikasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan jurnal, yaitu penulis, editor, dan mitra bestari Health Information : Jurnal Penelitian.

Konflik kepentingan

Penulis harus menyampaikan kemungkinan konflik kepentingan atas hasil kajian yang akan diterbitkan. Penyampaian ini memuat sumber dana atau sponsor, seperti apa bantuan yang mereka berikan selama proses kajian (pengumpulan data, analisis & interpretasi data. Apakah terdapat pembatasan oleh pemberi dana atau sponsor pada hasil yang dapat dilaporkan?

Selain konflik kepentingan pada sisi penulis, editor dan mitra bestari juga tidak terlepas terhadap hal ini.

Konflik kepentingan tersebut terjadi akibat kompetisi, kolaborasi, atau hubungan dan koneksi lainnya dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan artikel.

Penyampaian kekeliruan

Kekeliruan hasil kajian (research misconduct) yang ditemukan oleh pembaca, editor dan mitra bestari, dapat dilaporkan kepada kantor editorial atau editor naskah. Terbitan artikel atau naskah yang sedang berproses terbit akan ditarik dan tim editor akan melakukan investigasi terkait kekeliruan tersebut. 

Tanggung Jawab Penulis

Standar pelaporan

Penulis harus memberikan laporan yang akurat, serta menuliskan diskusi secara objektif dari signifikansi penelitiannya. Data yang digunakan haruslah disajikan secara rinci sehingga memudahkan terjadinya replikasi dan reproduksi kajian. Jika terdapat laporan kekeliruan (scientific misconducts) atau penyampaian informasi yang tidak akurat secara sengaja, maka hal tersebut merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Etika Kajian

Kajian yang melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang berbahaya dalam penggunaannya kepada subyek kajian, baik itu manusia atau hewan, perlu disampaikan identifikasi etiknya dengan jelas.

Akses data

Penulis diminta untuk menyediakan data sebelum diolah (data mentah) yang terkait dengan artikel untuk digunakan pada proses revieu, dan harus siap untuk menyediakan akses ke publik terhadap data tersebut dengan menyimpannya di repositor terbuka (rekomendasi HIJP tentang manajemen data).

Orisinalitas

Penulis harus memastikan bahwa isi naskah merupakan hasil karya yang bebas dari plagiasi (aturan HIJP tentang uji kemiripan).

Publikasi ganda

HIJP tidak menerima hasil kajian yang terlebih dahulu telah terpublikasi melalui jurnal ilmiah atau prosiding. Penggunaan data kajian yang telah dipublikasikan sebelumnya namun dengan objek pembahasan berbeda perlu disampaikan kepada editor (posisi HIJP tentang penyebaran substansi hasil kajian melalui praprin).

Daftar penulis dan penghargaan kontribusi

Penulis adalah mereka yang berkontribusi terhadap penyiapan naskah. Kriteria penulis sebagaimana rekomendasi ICMJE adalah:

  1. Berkontribusi terhadap konsep/desain kajian (akuisisi, analisis dan interpretasi data);
  2. Memberikan kontribusi ilmu pengetahuan pada proses penulisan atau revisi naskah;
  3. Bertanggung jawab menyetujui versi akhir isi naskah.

Kontribusi yang diberikan selain tiga kriteria tersebut dianggap sebagai non-author contributors dan mereka dapat disebut pada 'ucapan terima kasih'. 

Penulis koresponden harus memastikan bahwa nama-nama penulis telah dituliskan pada naskah, dan editor tidak menerima penambahan nama setelah naskah disetujui untuk terbit.

Tanggung Jawab Editor

Keadilan

Editor mengevaluasi naskah tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau pandangan politik dari para penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang naskah kepada orang lain selain penulis, mitra bestari, dan dewan editor.

Keputusan publikasi

Editor bertanggung jawab untuk memberikan keputusan penerbitan naskah. Keputusan ini berdasarkan saran yang diberikan oleh mitra bestari dan subtansi naskah yang bebas kekeliruan.

Tanggung Jawab Mitra Bestari

Kualitas peninjauan

Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan membantu penulis untuk meningkatkan kualitas pelaporan hasil kajian melalui pemberian komentar yang membangun (lebih lanjut tentang peninjauan sejawat).

Waktu peninjauan

Mitra bestri yang diminta untuk mereviu naskah dapat berkomunikasi dengan editor jika merasa tidak memenuhi syarat atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan peninjauan.

Obyektivitas

Reviu harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi untuk penulis tidak boleh disampaikan. Poin peninjauan seharusnya pada substansi isi naskah.

Kerahasiaan

Setiap artikel yang diterima untuk direviu harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Artikel tidak boleh disebarkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali atas izin editor.