Journal Information

Identitas

Nama Health Information : Jurnal Penelitian
Singkatan HIJP
ISO 4 Health Inf J Penelit
Laman resmi https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/HIJP
Laman terdahulu http://ejurnal.poltekkes-kdi.ac.id
ISSN 2085-0840
eISSN 2622-5905
Frekuensi terbit Juni dan Desember
Editor lihat: Dewan Editor

Cakupan

Jurnal HIJP menerbitkan karya tulis ilmiah dalam rumpun ilmu kesehatan dan kedokteran. Bidang medikal bedah, gawat darurat, maternitas, anak, gerontik, keluarga, jiwa, dan manajemen dalam keilmuan keperawatan, antenatal dan postnatal care, kesehatan ibu, dan anak dalam keilmuan kebidanan. Selain itu, gizi klinik, gizi institusi, dan gizi masyarakat dalam keilmuan gizi, dan parasitologi, mikrobiologi, penyakit tropis di wilayah pesisir dalam keilmuan analis kesehatan.

Tidak terbatas pada keilmuan spesifik tersebut, jurnal HIJP juga menerbitkan kajian kesehatan masyarakat, epidemiologi, kesehatan lingkungan, farmasi, dan kedokteran dalam konteks kesehatan secara umum.

Jenis Terbitan

  • Hasil penelitian (original research)
  • Laporan kasus (case study)
  • Ulasan literatur (literature review)

Kriteria Terbitan

Naskah yang masuk akan diproses oleh editor mulai dari pengecekan awal (initial pra-review, pra-review), peninjauan sejawat (peer-review, post-review), dan proses produksi. Batasan total persentase uji similaritas adalah 20%, dan kajian ilmiah tidak bertentangan dengan prinsip etika.

Penulisan substansi isi naskah berdasarkan daftar tilik (reporting guideline) yang sesuai dengan metode kajiannya, dan penulisannya menggunakan template tata letak isi naskah.

Serahkan naskah

Pelajari panduan penulis dalam menyiapkan isi naskah, dan penyerahannya ke sistem jurnal. 

Pemrosesan oleh Editor

Jurnal HIJP memiliki editor yang berasal dari berbagai institusi di Indonesia, dan keberagaman keilmuannya disesuaikan dengan cakupan terbitan. Sedapat mungking naskah yang diserahkan kepada editor sesuai dengan kepakarannya untuk menjamin ciri khas ilmu yang didesiminasikan.

Penerbit menjamin editor dapat memproses naskah secara independen berdasarkan keilmuannya tanpa intervensi, dan bebas dari konflik kepentingan.

Biaya Penerbitan

Poltekkes Kemenkes Kendari sebagai penerbit membiayai seluruh kegiatan penerbitan jurnal HIJP. Berikut pernyataan penerbit tentang pembiayaan penerbitan jurnal HIJP.

Akses Terbuka

Jurnal HIJP melisensikan terbitan dengan creative commons attribution (CC BY), dan hak cipta dipegang oleh penulis. Pelajari lebih lanjut.

Dampak Jurnal dan Metrik

Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari tidak menggunakan faktor dampak sebagai tolok ukur kualitas artikel. Terdapat deklarasi DORA (the San Fransisco Declaration on Research Assessment) yang secara gamblang menyatakan bahwa kualitas jurnal dan terbitan artikelnya perlu dinilai secara utuh, dan hal itu tidak termasuk dengan faktor dampak dan kriteria yang sejenis.

Lebih lanjut, Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari menggunakan altmetrics untuk menampilkan atensi yang diterima oleh suatu artikel berdasarkan berbagai kriteria pengukuran. Parameter atensi artikel yang ada pada Altmetrics adalah sitasi, jumlah pengunjung, atensi dari sosial media, dan ketercakupan.

Ketercakupan pada Lembaga Pengindeks dan Pengarsipan Terbitan

Kunjungi informasi penerbitan jurnal-jurnal Poltekkes Kemenkes Kendari untuk mengetahui detail ketercakupan artikel pada pengindeks dan pengarsipan terbitan.

Tentang Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari

Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari merupakan layanan penerbitan oleh Poltekkes Kemenkes Kendari yang dikelola mandiri dan/atau bekerja sama dengan organisasi nonprofit atau organisasi profesi, dan mencakup penerbitan jurnal ilmiah dan buku dalam rumpun ilmu kesehatan dan kedokteran. Lebih lanjut tentang penerbit.

Promosi melalui Jurnal

Jurnal HIJP tidak menerima kerjasama penerbitan iklan melalui laman jurnal maupun pada versi cetak artikel.

Kontak

Detail kontak berikut pada masing-masing bagian jurnal HIJP.