Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Puskesmas Poasia Kota Kendari

Isi Artikel Utama

Kartini

Abstrak

Kanker serviks merupakan kanker yang banyak menyerang perempuan. Saat ini kanker serviks menduduki urutan kedua dari penyakit kanker yang menyerang perempuan di dunia dan urutan pertama bagi negara sedang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Poasia Kota Kendari. Jenis penelitian cross sectional. Sampel penelitian adalah PUS di Puskesmas Poasia Kota Kendari yang berjumlah 72 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tentang pengetahuan dan sikap tentang pemeriksaan IVA. Data dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan PUS tentang pemeriksaan IVA di Puskesmas Poasia Kota Kendari sebagian besar dalam kategori pengetahuan kurang. Sikap PUS tentang pemeriksaan IVA di Puskesmas Poasia Kota Kendari sebagian besar dalam kategori sikap negatif. Wanita usia subur yang bersikap positif sebagian besar memiliki pengetahuan yang cukup, sedangkan PUS yang memiliki sikap negatif sebagian besar memiliki pengetahuan kurang. Ada hubungan pengetahuan dengan sikap ibu tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Puskesmas Poasia Kota Kendari.

Article Metrics

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kartini, K. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Puskesmas Poasia Kota Kendari. Health Information : Jurnal Penelitian, 9(2), 72–77. https://doi.org/10.36990/hijp.v9i2.100
Bagian
Original Research

Referensi

Marmi., A., Dewi, L.,Sri, N. M. (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) Dengan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Di Puskesmas Buleleng. Kesehatan: ejurnal. Vol 7. No 2. Hal: 228-237. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Rahayu, D. S. (2015) Asuhan Ibu Dengan Kanker Serviks. Jakarta: Salemba Medika.

Badan Pusat Statistik, Kantor Menteri Negara Kependudukan/Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Departemen Kesehatan, & Macro International Inc. (2013). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 34 tahun 2015 tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. Kemenkes RI. Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Solekhah, S. (2012) Hubungan Antara Karakteristik Wanita Terhadap Kesadaran Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA) Di Wilayah Kerja Puskesmas Jekulo Kudus. Jurnal Komunikasi Kesehatan. Vol 2, No 1.

Wulandari, F. (2015) Hubungan Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang IVA Test Dengan Perilaku IVA Test. Jurnal Prosiding Nasional APIKES. Vol 1. No 1. ISBN: 978-602-73865-4-9. Hal: 40-47.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015) Panduan Program Nasional Gerakan Pencegahan Dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dan Kanker Payudara, Kemenkes RI. Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Sinta (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Di Kec. Gisting Kab. Tanggamus Lampung. Jurnal Buletin Data dan Pusat Informasi Situasi Penyakit Kanker.

Azwar, S. (2014) Sikap Manusia, Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silvia, A., Muliati, S. (2017) Hubungan Karakteristik, Pengetahuan, Sikap Dengan Pemeriksaan IVA pada ibu PUS di Puskesmas Talise. Jurnal kesehatan.

Agustiana, D.,Dewi, Y. I.,Nurchayati, S. (2015). Fakto-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Kanker Serviks Pada Wanita Usia Subur Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru. Jurnal JOM PSIK. Vol 1. No 2. Hal: 1-8. Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Riau.

Asalat, I.A. (2016) Gambaran Sikap Wus Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks di Dusun Ngasem desa Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Manurung, I.F.E. (2016) Pendidikan Kesehatan oleh Peer Educator Sebagai Upaya Pencegahan Bahaya Merokok pada Peer Group[Tesis]. Program pascsarjana. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Aditama, H.A. (2013) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.4