Beralih ke bagian utama Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian footer website
Original Research
Diterbitkan: 2021-11-05

Pengaruh Edukasi Kesehatan mengenai Penyakit Hipertensi pada Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula, Kabupaten Konawe Selatan

Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Kendari, Indonesia
Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Kendari, Indonesia
Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Avicenna, Indonesia
Program Studi Ilmu Keperawatan, STIK Avicenna, Indonesia
Edukasi kesehatan Lanjut usia Hipertensi

Abstrak

Hipertensi menjadi permasalahan kesehatan pada kelompok lanjut usia. Sebagai hasil dari pembangunan yang pesat dan taraf hidup yang sejahtera serta pelayanan kesehatan dapat meningkatkan umur harapan hidup, sehingga jumlah lanjut usia bertambah setiap tahunnya. Peningkatan usia tersebut sering diikuti dengan meningkatnya penyakit degeneratif dan masalah kesehatan lain pada kelompok ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan tentang penyakit hipertensi terhadap pengetahuan lanjut usia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-post test one group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula, Kabupaten Konawe Selatan. Sebanyak 57 Lansia yang menderita hipertensi dipilih sebagai responden. Ada perbedaan karakteristik pengetahuan Lansia sebelum dan setelah diberikan edukasi kesehatan. Di sarankan kepada pengelola panti melanjutkan edukasi kesehatan secara terstruktur sehingga Lansia yang menderita hipertensi dapat baik pemahamannya tentang penyakit hipertensi.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Referensi

  1. Asli, A. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Hipertensi pada Usia Muda Rumah Sakit Umum Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2011 [Thesis]. STIK Avicenna.
  2. Mubarak, W. I. (2006). Buku ajar Ilmu keperawatan komunitas 2: Teori & Aplikasi dalam praktik dengan pendekatan asuhan keperawatan komunitas, gerontik dan keluarga. Sagung Seto.
  3. Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika.
  4. Pratama, A. (n.d.). Proposal Hipertensi Pada Lansia. In Scribd. https://id.scribd.com/document/344014215/Proposal-Hipertensi-Pada-Lansia

Cara Mengutip

Rahayu, D. Y. S., Usman, R. D., Nirwana, N., & Firnawati, F. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan mengenai Penyakit Hipertensi pada Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula, Kabupaten Konawe Selatan. Health Information : Jurnal Penelitian, 10(2), 123–130. https://doi.org/10.36990/hijp.v10i2.111 (Original work published 30 Desember 2018)