Peran Dukungan Masyarakat terhadap Penerapan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari

Penulis

  • Andika Mayansara Saboli Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, STIKes Mandala Waluya Kendari, Indonesia
  • La Banudi Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Kendari, Indonesia
  • Sunarsih Sunarsih Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, STIKes Mandala Waluya Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36990/hijp.v11i2.129

Kata Kunci:

Bantuan komunitas, Kawasan bebas asap rokok, Rumah sakit

Abstrak

Tempat yang ditetapkan sebagai Kawasan Dilarang Merokok dilengkapi dengan tanda atau simbol dilarang merokok. Akan tetapi, masih banyak perokok yang merokok di kawasan tanpa rokok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses Penerapan Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci sebanyak 4 orang dan informan biasa sebanyak 3 orang. Teknik penetapan informan menggunakan teknik snowball dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya komunikasi maupun sosilisasi yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak RSUD Kota Kendari terkait perda Kawasan Tanpa Rokok kepada sasaran dalam hal ini masyarakat dan khususnya pengunjung di RSUD Kota Kendari, padahal sosialisasi merupakan hal yang sangat penting di lakukan untuk mengimplementasikan sebuah kebijakan. Diharapkan kepada pemerintah Kota Kendari serta Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari untuk duduk bersama menjalankan amanat dari aturan yang dibuat yakni melakukan pembentukan satuan tugas khusus pengawasan kawasan tanpa rokok di areal Rumah Sakit Kota Kendari.

Referensi

Armayati, L. (2014). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Mahasiswa Dan Karyawan Terhadap Peraturan Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Kampus Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Jurnal Relevansi, Akurasi Dan Tepat Waktu (RAT), 3(3), 543–550.

Aula, L. E. (2010). Stop Merokok!(sekarang atau tidak sama sekali). Yogyakarta: Garailmu.

Azkha, N. (2013). Studi efektivitas penerapan kebijakan perda kota tentang kawasan tanpa rokok (ktr) dalam upaya menurunkan perokok aktif di Sumatera Barat tahun 2013.

Azrul, A. (2006). Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi Ketiga, Jakarta: Binarupa Aksara.

Banudi, L. (2013). Gizi Kesehatan Reproduksi. Jakarta: : EGC. Devhy, N. L. P. (2014). Pengaruh Faktor Pengelola terhadap Kepatuhan Pelaksanaan Peraturan Daerah tentang Kawasan tanpa Rokok pada Hotel Berbintang di Kabupaten Badung: Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Fatmasari, I. (2014). Perilaku Supir Angkutan Pasca Penetapan Perda Kawasan tanpa Rokok di Kota Makassar.

Febriani, T. (2014). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Dukungan penerapannya di Universitas Sumatera Utara. Karya Tulis Ilmiah stara satu Universitas Sumatera Utara, Sumatera.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Nasyruddin, M. F. (2013). Implementasi Kawasan tanpa Rokok (Ktr) di Sekolah (Studi Kualitatif pada SMP Negeri 21 Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 2(1).

Nugraha, A. M. A., & Yuliawati, R. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap tentang Kawasan Tanpa Rokok dengan Perilaku Merokok pada Pengunjung RSUD IA Moeis Samarinda.

Nugroho, P. S. (2015). Evaluasi Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Penelitian, B., & Kesehatan, P. (2013). Laporan riskesdas 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Sembiring, A. M. (2018). Analisis Peran Pemimpin Agama dalam Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Gereja katolik ST. Fransiskus Assisi Pasar VI Padang Bulan Medan.

SOLICHA, R. A., & Santosa, S. (2012). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pengunjung Di Lingkungan Rsup Dr. Kariadi Tentang Kawasan Tanpa Rokok. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 1(1).

Wati, A. R. A. (2017). Penerapan Kawasan Tanpa Rokok berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 4 Tahun 2014. JURNAL HIMA HAN, 4(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Saboli, A. M., Banudi, L., & Sunarsih, S. (2019). Peran Dukungan Masyarakat terhadap Penerapan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Health Information : Jurnal Penelitian, 11(2), 165–172. https://doi.org/10.36990/hijp.v11i2.129

Terbitan

Bagian

Artikel