Intervensi Modul Penyelenggaraan Makanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Pengolah Makanan Di Pondok Pesantren Kota Kendari
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu upaya mempertahankan status gizi santri, maka pondok pesantren perlu mempertahankan dan meningkatkan konsumsi agar tetap adekuat pada proses penyelenggaraan makanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rancangan modul pendamping tentang pedoman penyelenggaraan makanan terhadap pengetahuan dan sikap tenaga pengolah makanan di pondok pesantren di Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan quasi eksperiment dengan model one group pre-test post-test yaitu kelompok tenaga pengolah makanan sebanyak 48 orang diobservasi sebelum intervensi dengan pre-test dan setelah intervensi (pendampingan menggunakan modul selama 2 hari/minggu selama 1 bulan) dengan post-test I (setelah pelatihan) dan post-test II (setelah 1 bulan pelatihan). Hasil uji statistik tingkat pengetahuan dan sikap tenaga pengolah makanan diketahui antara sebelum, sesudah pelatihan (post test I) dan 1 bulan sesudah pelatihan (post-test II) diperoleh nilai p = 0,000 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan ada perbedaan pengetahuan dan sikap tenaga pengolah makanan sebelum dan setelah pendampingan dengan menggunakan modul penyelenggaraan makanan.
Article Metrics
Metrik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal and able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book).
Referensi
Cardoso, C. I. X. da S., Feitosa, M. G. G., & Calazans, D. L. M. e S. (2018). A prática reflexiva como recurso na gestão dos restaurantes universitários terceirizados. DEMETRA: Alimentação, Nutrição & Saúde, 13(1), 275–292. https://doi.org/10.12957/demetra.2018.30779
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish. https://scholar.google.com/scholar?as_q=nikolaus+duli&as_epq=&as_oq=&as_eq=&as_occt=any&as_sauthors=Duli&as_publication=Deepublish&as_ylo=2019&as_yhi=&hl=id&as_sdt=0%2C5
FAO. (2019). Nutrition guidelines and standards for school meals: a report from 33 low and middle-income countries. http://www.fao.org/policy-support/tools-and-publications/resources-details/en/c/1177795/
Jumiyati, J. (2014). Pengaruh pelatihan metode simulasi terhadap perilaku kader dalam upaya pemberian asi eksklusif. JURNAL MEDIA KESEHATAN, 7(1), 06–12. https://doi.org/10.33088/JMK.V7I1.216
Nik Husain, N. R., Wan Muda, W. M., Noor Jamil, N. I., Nik Hanafi, N. N., & Abdul Rahman, R. (2016). Effect of food safety training on food handlers’ knowledge and practices: A randomized controlled trial. British Food Journal, 118(4), 795–808. https://doi.org/10.1108/BFJ-08-2015-0294
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. https://onesearch.id/Record/IOS2726.slims-12294
Park, S. H., Kwak, T. K., & Chang, H. J. (2010). Evaluation of the food safety training for food handlers in restaurant operations. Nutrition Research and Practice, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.4162/nrp.2010.4.1.58
Purwaningtiyas, S. (2013). Gambaran Penyelenggaraan Makanan di Pondok Pesantren... - Google Cendekia [Universitas Jember]. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Gambaran+Penyelenggaraan+Makanan+di+Pondok+Pesantren+Al-Qodiri+Kabupaten+Jember&btnG=
Rokhmah, F., Muniroh, L., & Susila Nindya, T. (2016). Hubungan tingkat kecukupan gizi dan zat gizi makro dengan status gizi siswi sma di pondok pesantren al-izzah kota batu. Media Gizi Indonesia, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/mgi.v11i1.94-100
Taqhi, S. A. (2014). Gambaran sistem penyelenggaraan makanan di pondok pesantren hubulo gorontalo. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(4), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v10i4.507
Zulaekah, S. (2012). Pendidikan gizi dengan media booklet terhadap pengetahuan gizi. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 127–133. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kemas.v7i2.2808