Penggunaan aplikasi mobile mindfulness GFR bermanfaat untuk mengelola stress mahasiswa di akademi keperawatan YKY Yogyakarta

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36990/hijp.v12i2.205

Kata Kunci:

Aplikasi, Holistik, Mindfulness, Stress

Abstrak

Mahasiswa adalah salah satu kelompok yang rentan mengalami stress akademik. Stres akademik dapat disebabkan oleh jadwal kuliah yang padat, kelas yang penuh, ujian skill lab dan ujian tertulis. Penggunaan tekhnologi dapat membantu mahasiswa melakukan manajemen stress secara mandiri. Penggunaan aplikasi android yang disebut “Get Fresh and Relax” ini diharapkan dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta sehingga dapat berpengaruh kepada indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pre dan post-test with control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 83 responden dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan skor stres pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan nilai p < 0,05.  Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi mobile mindfulness GFR terhadap skor stres mahasiswa Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta.

Catatan Penerbit
Poltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun.

Pendanaan
Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta No. 028.A/22/AKPER YKY/I/2020.

Konflik Kepentingan
Penulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan.

Berbagi Data
Permohonan berbagi data kepada peneliti dapat melalui e-mail korespondensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students: The case of University of Botswana. Educational Research and Review, 4(2), 063–070. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=An+assessment+of+academic+stress+among+undergraduate+students%3A+The+case+of+University+of+Botswana.&btnG=

Arbi, D. K. A., & Ambarini, T. K. (2018). Terapi Brief Mindfulness-Based Body Scan untuk Menurunkan Stres Atlet Bola Basket Wanita Profesional. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpkm.V3I12018.1-12

Astuti, R. T., Amin, M. K., & Purborini, N. (2017). Efektifitas Metode Hipnoterapi Lima Jari (Hp Majar) Terhadap Tingkat Stres Akademik Remaja di SMK Muhammadiyah 2 Kabupaten Magelang. Journal of Holistic Nursing Science, 4(1), 1–9. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1229121

Baldwin, D. R., Harris, S. M., & Chambliss, L. N. (1997). Stress and Ilness in Adolescence. Adolescence, 32(128), 839–853. https://scholar.google.com/scholar_lookup?title=Stress and illness in adolescence: Issues of race and gender

Bingku, T. A., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2014). Perbedaan tingkat stres mahasiswa reguler dengan mahasiswa ekstensi dalam proses belajar di program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran UNSRAT Manado. E-Jurnal Keperawatan, 2(2). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/172685

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822–848. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.4.822

Cozzolino, W. (2006). The Nuts and Bolts of Meditation. https://scholar.google.com/scholar_lookup?title=The Nuts and Bolts of Meditation

Dayfiventy, Y. (2012). Stressor dan koping mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi fakultas keperawatan universitas Sumatera Utara. Jurnal Keperawatan Holistik, 1(1). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1432492

Dwidiyanti, M., Pamungkas, A. Y. ., & Ningsih, H. E. . (2018). Mindfulness caring pada stres (Pertama). UNDIP Press. https://onesearch.id/Record/IOS1.INLIS000000000821582

Goff, A.-M. (2011). Stressors, Academic Performance, and Learned Resourcefulness in Baccalaureate Nursing Students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8(1), 923–1548. https://doi.org/10.2202/1548-923X.2114

Goldstein, E. (2013). Stressing out? S.T.O.P. Https://Www.Mindful.Org/Stressing-out-Stop/.

Greer, C. (2015). An online mindfulness intervention to reduce stress and anxiety among college students [University of Minnesota]. https://scholar.google.com/scholar_lookup?title=An online mindfulness intervention to reduce stress and anxiety among college students

Hadi, I., Wijayanti, F., Usman, R. D., & Rosyanti, L. (2017). Gangguan Depresi Mayor: Mini Review. Health Information?: Jurnal Penelitian, 9(1), 34–49. https://doi.org/10.36990/hijp.v9i1.102

Hunt, J., & Eisenberg, D. (2010). Mental Health Problems and Help-Seeking Behaviour Among College Students. Journal of Adolescent Health, 46(1), 3–10. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2009.08.008

Luken, M., & Sammons, A. (2016). Systematic Review of Mindfulness Practice for Reducing Job Burnout. American Journal of Occupational Therapy, 70(2), 7002250020p1. https://doi.org/10.5014/ajot.2016.016956

Maramis, W. F. (2004). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa (8th ed.). Airlangga University Press. https://onesearch.id/Record/IOS3318.YOGYA-02090000002373

Munazilah, M., & ul Hasanat, N. (2018). Program Mindfulness Based Stress Reduction untuk Menurunkan Kecemasan pada Individu dengan Penyakit Jantung Koroner. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45346

Munif, B., Poeranto, S., & Utami, Y. W. (2019). Effects of Islamic Spiritual Mindfulness on Stress among Nursing Students. Nurse Media Journal of Nursing, 9(1). https://doi.org/10.14710/nmjn.v9i1.22253

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stres dan Dampaknya pada Mahasiswa. Insight Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Ningsih, H. E. W., Dwidiyanti, M., & Hartati, E. (2018). Mindfulness Mobile Application Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa?: A Literature Review. Journal of Holistic Nursing and Health Sience, 1(2), 116–125. https://doi.org/10.14710/hnhs.1.2.2018.116-125

Nurmaliyah, F. (2013). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction [Universitas Negeri Malang]. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Menurunkan+Stres+Akademik+Siswa+dengan+Menggunakan+Teknik+Self+Instruction&btnG=

Park, C. L., Riley, K. E., Braun, T. D., Jung, J. Y., Suh, H. G., Pescatello, L. S., & Antoni, M. H. (2017). Yoga and Cognitive Behavioral Interventions to Reduce Stress in Incoming College Students: A Pilot Study. Journal of Applied Biobehavioral Research, 22(4), 1–25. https://doi.org/10.1111/jabr.12068

Parkitny, L., & McAuley, J. (2010). The Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Journal of Physiotherapy, 56(3), 204. https://doi.org/10.1016/S1836-9553(10)70030-8

Phang, K. C., Keng, L. S., & Chiang, C. K. (2014). Mindful-S.T.O.P.: Mindfulness Made Easy for Stress Reduction in Medical Students. Education in Medicine Journal, 6(2), 48–56. https://doi.org/10.5959/eimj.v6i2.230

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. (2020). Data dan informasi profil kesehatan Indonesia 2020. https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2019.pdf

Ruhmadi, E., Suwartika, I., & Nurdin, A. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa reguler program studi D III keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1506141

Safitri, A. (2018). Hubungan antara Kesabaran dengan Stres Menghadapi Ujian pada Mahasiswa. Jurnal ISLAMIKA, 1(1). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1825375

Siembor, B. (2017). Exploring the effectiveness of a mindfulness training app for managing stress in a university student population: A pilot study [Northeastern University]. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Exploring+the+effectiveness+of+a+mindfulness+training+app+for+managing+stress+in+a+university+student+population%3A+A+pilot+study&btnG=

Smeltzer, S. C., & Bare, B. G. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medika Bedah (2nd ed.). EGC.

Sutjianto, M. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsrat, 5(1). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/331614

Usman, N. U. (2010). Hubungan Stres dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Tahun 2010 [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. https://scholar.google.com/scholar_lookup?title=Hubungan Stres dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar

Williams, H., Simmons, L. ., & Tanabe, P. (2015). Mindfulness-based stress reduction in advanced nursing practice: A nonpharmacologic approach to health promotion, chronic disease management and symptom control. Journal Holistic Nurse, 33(3). https://doi.org/10.1177/0898010115569349

Wolf, C., & Serpa, J. G. (2015). A clinician’s guide to teaching mindfulness: The comprehensive session-by-session program for mental health professionals and health care providers. New Harbinger Publications. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=A+Clinician’s+Guide+To+Teaching+Mindfulness&btnG=

Yang, E., Schamber, E., Meyer, R. M. L., & Gold, J. I. (2018). Happier Healers: Randomized Controlled Trial of Mobile Mindfulness for Stress Management. The Journal of Alternative and Complementary Medicine, 24(5), 505–513. https://doi.org/10.1089/acm.2015.0301

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-26

Terbitan

Bagian

Articles