Risiko Penyakit Infeksi terhadap Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Mekar Kota Kendari

Isi Artikel Utama

Kartini

Abstrak

Kekurangan energi kronik (KEK) merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan asupan gizi antara energi dan protein, sehingga zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko penyakit infeksi terhadap kejadian KEK pada ibu hamil di Puskesmas Mekar Kota Kendari. Desain penelitian yang digunakan ialah case control. Sampel penelitian adalah ibu hamil di Puskesmas Mekar Kota Kendari yang berjumlah 58 ibu hamil. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tentang KEK, penyakit infeksi. Analisis data mengunakan uji chi-square dan OR. Hasil penelitian menunjukkan Jumlah kejadian KEK pada ibu hamil di Puskesmas Mekar Kota Kendari sebanyak 26 orang (44,8%). Jumlah ibu hamil yang mengalami penyakit infeksi di Puskesmas Mekar Kota Kendari sebanyak 11 ibu hamil (19,0%). Ada hubungan penyakit infeksi dengan kejadian kek pada ibu hamil Di Puskesmas Mekar Kota Kendari (X2=10,847; pvalue =0,001). Ibu hamil yang mengalami penyakit infeksi berisiko 6,171 kali untuk mengalami KEK (OR=6,171; 95%CI=2,155-17,675).

Article Metrics

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kartini, K. (2017). Risiko Penyakit Infeksi terhadap Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Mekar Kota Kendari . Health Information : Jurnal Penelitian, 9(1), 10–14. https://doi.org/10.36990/hijp.v9i1.79
Bagian
Original Research

Referensi

Lubis, Z (2013) Status gizi ibu hamil serta pengaruhnya terhadap bayi yang dilahirkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik, Kantor Menteri Negara Kependudukan/Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Departemen Kesehatan, & Macro International Inc. (2013) Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta.

Kemenkes RI (2016) Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kemenkes RI.

Sigit, (2015) Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Gizi Dan Konsumsi Protein Dengan Kejadian Kek. www. digilib.esaunggul.ac.id .

Kemenkes RI. (2013) Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Bakti Husada.

Pratiwi, (2015) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kurang Energi Kronis pada Ibu Hamil. http://id.shvoong.com/

Hidayati,M., Hadi,H., Susilo,J. (2014) Kurang Energi Kronis dan Anemia Ibu Hamil Sebagai Faktor Resiko Kejadian Berat Bayi Rendah di Kota Mataram, NTB. Sain Kesehatan; 18(4): 483-491.

Sediaoetama. (2014). Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid II. Jakarta: Dian Rakyat.

Sri, A.,P., Widya, K.T., Dwi, D.G. (2015) Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil di BPS Sri Widyaningsih, AM.Keb Desa Lemahireng Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Naskah Publikasi.

Rizka, A.A., Puji, P., Luvi, D.A. (2015) Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil di BPS Sri Widyaningsih, AM.Keb Desa Lemahireng Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Naskah Publikasi. Semarang: Stikes Ngudi Waluyo.

Vita, K.M. (2014) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Kamoning Dan Tambelangan Kabupaten Sampang Jawa Timur. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Vol. 17. No. 2.

Supariasa, I., Bakri, B., dan Fajar, I. (2014) Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Soetjiningsih, (2015) Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.