AUTHOR GUIDELINES


Submission

Semua naskah yang diserahkan ke editorial Health Information : Jurnal Penelitian akan diketahui secara langsung oleh Chief Editor. Kantor editorial tidak menerima naskah yang diserahkan melalui email, sehingga penulis wajib mempelajari fungsi-fungsi Open Journal System (OJS). Untuk menyerahkan naskah, anda dapat langsung mendaftar atau masuk ke sistem. Jika mengalami kendala teknis, silahkan menghubungi kami melalui email jurnaldanhakcipta@poltekkes-kdi.ac.id.

Back to Top

General Principles

Pada dasarnya naskah yang penulis serahkan merupakan karya asli dan tidak sedang diserahkan ke penerbit jurnal lain (penerbit jurnal berbeda dengan pengarsipan mandiri melalui preprint) dan harus mengandung isian yang sesuai dengan standar penulisan ilmiah dan cara penyampaiannya telah diatur pada equator-network, anda dapat dengan mudah memilih format pelaporan yang sesuai melalui media Equator Wizard berikut. Setelah naskah diserahkan, dewan editorial berhak menyesuaikan naskah tersebut ke dalam format yang digunakan oleh HIJP, dan penulis mungkin perlu untuk memperbaiki naskah pada berbagai aspeknya. Naskah yang memiliki banyak kesalahan (tata bahasa, sitasi, etika kajian/publikasi) akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki atau tidak perlu diserahkan kembali ke HIJP (ditolak). Proses peninjauan ini dapat berasal dari editorial (editorial review) atau (peer review).

Jenis terbitan yang diproses adalah (1) Artikel asli: kajian medis dasar, kajian klinis, atau kajian komunitas; (2) Laporan kasus; (3) ulasan artikel/teori; (4) brief communication; (5) correspondence. Namun umumnya setiap Naskah tersebut wajib memenuhi syarat berikut:

Pada tahap awal penyerahan naskah, penulis dibebaskan menyusun naskahnya dengan menggunakan model (template) apapun. Yang diatur adalah naskah wajib menggunakan format docx/dot dan data penelitian menggunakan format xlsx.

Back to Top

Study Ethics

Naskah yang masuk ke HIJP adalah hasil kajian yang mengikuti aturan etik baikkajian yang melibatkan hewan ataupun manusia, pelaksana kajian harus melampirkan persetujuan komisi etik.

Back to Top

Publication Ethics

HIJP mengadopsi prinsip etika publikasi yang diterbitkan oleh the Committee on Publication Ethics (COPE), the World Association of Medical Editors (WAME), dan the International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE) baik untuk menjadi landasan aturan maupun pijakan memutuskan perkara etik.

Back to Top

Clinical Trial Registration

Pelaksana kajian sangat dianjurkan untuk mendaftarkan kajian clinical trials nya ke sistem yang mudah diakses oleh publik. Sistem ini dapat berasal dari ClinicalTrials.gov atau dari International Clinical Trials Registry Platform dan nomor registrasinya perlu dituliskan pada naskah yang diserahkan ke HIJP.

Back to Top

Structure and Language

Full-text artikel yang kami menggunakan bahasa indonesia, namun bagian abstrak wajib memuat dua bahasa yang memiliki sub masing-masing yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Struktur naskah secara umum wajib memuat (1) abstrak; (2) pendahuluan; (3) metode; (4) hasil; (5) pembahasan; (6) kesimpulan & saran; (7) pendanaan; (8) informasi konflik kepentingan; (9) peran tim penulis berdasarkan CRediT. Sedangkan detail isian naskah disesuaikan dengan model kajian yang dilakukan berdasarkan sumber dari equator-network. Dan penyajian nasakah agar sesuai dengan ketentuan tata letak jurnal, perlu merujuk kepada template.

Back to Top

Copyright and Licensing

Semua artikel yang diterbitkan oleh HIJP diberikan lisensi Creative Common Attribution ShareAlike 4.0 International License. Dengan lisensi CC-BY-SA 4.0 ini, para penulis memegang hak cipta atas naskah yang diterbitkan (aturan ini mulai berlaku untuk terbitan vol 12) namun dengan tetap pada prinsip siapapun dapat mengunduh, menggunakan ulang, mencetak/mencetak ulang, memodifikasi dan mendistribusikan artikel secara bebas selama para penulis dan penerbit artikel tersebut disitasi/disebutkan. Dan siapapun yang menggunakan ulang, mencetak/mencetak ulang artikel tersebut wajib tetap mengikuti lisensi CC-BY-SA 4.0 ini.

Back to Top

Publication Fee

HIJP mengenakan biaya layanan kepada penulis yang naskahnya diterima untuk diterbitkan. Penerimaan naskah ditentukan setelah naskah melewati proses review. Rincian biaya layanan tersebut:

  1. Article Submission Charges (ASC) Free;
  2. Article Processing Charge (APC) RP 200.000;

Pembayaran biaya tersebut dilakukan secara manual melalui nomor rekening yang diberikan segera setalah naskah dinyatakan diterima.

Back to Top

Informasi ini terakhir diperbaharui pada 30 Mei 2020