Open Access

Pernyataan berikut didasarkan pada aspek penilaian akses terbuka 1.

Hak Pembaca
Artikel dapat diakses oleh siapapun tanpa terlebih dahulu masuk ke sistem jurnal menggunakan suatu akun atau membayarkan sejumlah uang kepada penerbit.

Hak Menggunakan Ulang
Penulis dan pembaca dijamin dapat bebas menggunakan ulang artikel tanpa harus mendapatkan izin dari penerbit. Hal ini karena penerbit melisensikan artikel HIJP dengan lisensi creative commons.

Hak Cipta
Penulis memiliki hak penuh terhadap hak cipta artikelnya.

Hak Penulis Menyebarkan Artikel
Terdapat tiga versi naskah atau artikel yang sangat dianjurkan kepada penulis untuk disebarkan diberbagai media. Naskah yang masih pada proses submission dan review dapat diposting di server preprint RINarxiv dan naskah versi penerbit, Article in Press (AIP) atau final/published dapat disebarkan ke blog/website dan sosial media yang dimiliki penulis.

Penyebaran Terbitan Secara Otomatis
Artikel dapat ditemukan di website pihak ketiga baik diperantarai oleh authomasi OAI HIJP maupun melalui API yang dimiliki oleh Crossref. Karena HIJP tidak memiliki sistem embargo, sistem pihak ketiga dapat mengindeks artikel dalam beberapa hari sejak artikel diterbitkan.

Keterbacaan Pada Sistem Komputer
Metadata artikel tersusun sesuai format yang diterima secara luas oleh berbagai program komputer. Susunan ini antara lain berformat MARC, MARC21, DC, dan RFC1807.
_______________
1 Howopenisit? A guide for evaluating open access journals. (n.d.). SPARC. Retrieved July 23, 2020, from https://sparcopen.org/our-work/howopenisit/