Manajemen Data Penelitian

Health Information : Jurnal Penelitian (HIJP) menyadari bahwa terdapat desakan terhadap kebutuhan pada data penelitian yang terbuka, mudah ditemukan dan dapat dipertanggung jawabkan. Data termasuk dari salah satu luaran kajian yang sejajar dengan artikel jurnal 1.

Posisi HIJP pada data kajian

HIJP merupakan salah satu pendukung Data Citation Principles.

Data kajian pada HIJP

HIJP merokemdasikan kepada setiap penulis untuk mengirimkan data kajian yang berhubungan secara langsung dengan naskahnya. Data tersebut adalah:

  • Kuesioner;
  • Hasil uji validitas kuesioner;
  • Protokol;
  • Data mentah (yang telah dikodekan);
  • Data lengkap hasil uji statistik;

Penyimpanan data

HIJP menyimpan data di repositori publik Zenodo, pada komunitas yang dikelola dan dikurasi sendiri oleh kantor penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari.
Setiap data dapat diindentifikasi menggunakan digital object identifier (DOI) dan terhubung dengan artikel versi penerbit.

Hak cipta, lisensi, dan akses data

Hak cipta data dipegang oleh pemilik data (entitas masing-masing), HIJP hanya bertindak sebagai pengelola data. Lisensi untuk setiap data adalah lisensi terbuka Creative Commons Atribution 4.0 International, dan data tidak memiliki masa embargo atau pembatasan akses oleh pemilik.

Sitasi data

Data dapat disitasi/disitir oleh publik, dan harus mencantumkan penulis sebagai pencipta data, berikut menyertakan DOI data tersebut.

1Data Citation Synthesis Group: Joint Declaration of Data Citation Principles. Martone M. (ed.) San Diego CA: FORCE11; 2014 https://doi.org/10.25490/a97f-egyk