Aturan Peninjauan Sejawat

Reviu merupakan bagian ke dua dari proses editorial. Formal reviu yang ada di HIJP adalah reviu oleh mitra bestari atas naskah sebelum diterbitkan (pre-publication review). Selama proses reviu, seluruh komunikasi antar mitra bestari dan penulis dimoderatori oleh editor.

Kriteria Kualitas Peninjauan

Selama peninjauan, mitra bestari seharusnya meninjau:

  • Ketetapan dan keteletian penggunaan metodologi kajian
  • Isi kajian sehingga dapat memberikan dampak, baik kepada komunitas ilmiah maupun pengambil kebijakan
  • Terdapat kebaruan

Kredit kepada Mitra Bestari

HIJP memanfaatkan layanan Publons untuk memberikan kredit kepada mitra bestari. Segera setelah mitra bestari mengajukan klaim kredit, HIJP akan memverifikasi pengajuan tersebut melalui Publisher Dashboard.

Selain kredit reviu di Publons, sertifikat reviu dapat diklaim oleh mitra bestari melalui ReviewerCredit. HIJP telah bermitra dengan ReviewerCredits sehingga seluruh data reviu (nama mitra bestari, email/ORCID iD mitra bestari, nomor naskah, waktu reviu) akan dikirimkan ke sistem ReviewerCredits melalui unggah CVS, sehingga mitra bestari akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan klaim sertifikat.

Transfer Hasil Reviu

Hal yang memungkinkan untuk dilakukan oleh penulis jika naskahnya ditolak oleh HIJP adalah menggunakan hasil reviu mitra bestari HIJP ke penerbit jurnal lain. Hasil reviu ini dapat berupa isian Formulir respon kepada mitra bestari atau komentar langsung mitra bestari pada naskah.

Publikasi Komentar Mitra Bestari

HIJP belum menerapkan publikasi artikel bersama dengan konten komentar mitra bestari atau memberikan akses kepada publik untuk turut melakukan peninjauan saat proses reviu berlangsung. Proses reviu hanya memungkinkan interaksi antara penulis dan mitra bestari yang ditunjuk oleh editor.

Publikasi Naskah Awal hasil Reviu

Naskah hasil reviu (revisian) yang telah diperiksa oleh Chief Editor dalam proses Post-review, dapat penulis masukkan ke server preprint. Aturan terkait pemanfaatan preprint dapat dilihat pada Deposit Policy.

Interaksi Terbuka dan Co-Review

Mitra bestari tidak diperkenankan untuk mendiskusikan naskah yang sedang ditinjau dengan koleganya atau pereviu lain, kecuali mendapatkan izin dari editor. Dan untuk saat ini, belum disediakan mitra bestari pendamping dalam peninjauan.