Identitas Terbuka Peneliti

Open Researcher iD (ORCID iD) memberikan identitas unik sehingga setiap orang memiliki ORCID iD yang berbeda. Pemanfaatan ORCID iD telah diadopsi oleh berbagai penerbit jurnal. Penerbit Jurnal Poltekkes Kemenkes Kendari menandatangani ORICID Open Letter dan memandatkan kepada penulis agar mengotorisasikan ORCID iD nya dengan jurnal-jurnal yang Penerbit terbitkan.

Anda akan menemukan informasi berikut pada jurnal yang penerbit terbitkan:

  1. Terdapat laman autorisasi yang akan mengarahkan anda untuk masuk dan memproses otentikasi ORCID iD yang telah dimiliki, dan jika anda pengguna baru, anda dapat registrasi terlebih dahulu.
  2. Terdapat ikon  ORCID iD pada nama anda yang akan ditampilkan di laman daring jurnal dan versi lengkap artikel.

Autorisasi ORCID iD pada Pendaftaran Akun Jurnal

Dari laman register, anda akan menemukan blok 'Buat atau hubungkan iD ORCID Anda'. Klik blok tersebut, dan sistem akan mengarahkan Anda ke proses otentikasi.

Tangkapan layar laman register

Otentikasi ORCID iD dari Laman Profil

Pada laman Profile > Public anda akan menemukan blok 'Buat atau hubungkan iD ORCID Anda'. Klik blok tersebut, dan sistem akan mengarahkan Anda ke proses otentikasi.

Laman profile

Otentikasi ORCID iD dari Link Email

Bagi penulis yang bukan sebagai koresponden, editor pengelola akan mengirimkan permintaan otentikasi ORCID iD ke email Anda. Klik pesan "register or connect your ORCID iD" dan sistem akan mengarahkan Anda ke proses otentikasi.

Email permintaan otentikasi