Daftar Tilik Pelaporan

Daftar tilik pelaporan (reporting guideline) merupakan kerangka pemandu penyusunan substansi isi naskah yang dikhusukan dalam penelitian kesehatan, dapat tersusun atas daftar tilik (checklist), diagram alir (flow diagram), atau teks terstruktur, dan spesifik berdasarkan tipe/metodologi kajian.

Pemanfaatan daftar tilik pelaporan sebagai pemandu penyusunan substansi isi naskah diimplementasikan secara luas karena manfaatnya dalam keterbukaan dan kelengkapan penyampaian informasi pelaksanaan kajian ilmiah.

Daftar tilik pelaporan tersedia dalam Enhancing the QUAlity and Transparency Of health Research (Equator Network), dan terus diperbarui versinya oleh berbagai peneliti dari seluruh dunia. Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari mulai tahun 2022 menggunakan daftar tilik pelaporan sebagai standar utama bagi penulis, editor, dan mitra bestari dalam pemrosesan naskah.

Implementasi Daftar Tilik Pelaporan

Penulis

Daftar tilik pelaporan memastikan penyajian substansi isi naskah yang tersandar baik, sehingga mudah dipahami, dikaji ulang, atau digunakan dalam reviu sistematis.

  • Sebelum menyiapkan rancangan substansi isi naskah, pastikan terlebih dahulu kesesuaian daftar tilik pelaporan dengan metode kajian ilmiahnya (randomisasi, observasi, studi kasus, penelitian dengan hewan coba, atau reviu sistematis). Cari daftar tilik di Equator Network

  • Unduh template tata letak isi naskah daring masing-masing laman jurnal

  • Implementasikan poin-poin dari daftar tilik pelaporan yang telah dipilih pada penulisan substansi

  • Tuliskan nomor paragraf atau nomor baris dari isian naskah pada daftar tilik pelaporan. Hal ini akan memudahkan editor dalam peninjauan

    Gambar 1

  • Masukkan file naskah dan isian daftar tilik pelaporan saat unggah pada proses penyerahan

Editor dan Mitra Bestari

Kemanfaatan daftar tilik pelaporan dalam pemrosesan naskah oleh editor dan peninjauan mitra bestari pada kelengkapan isi naskah. Item daftar tilik pelaporan memungkinkan penilaian yang lebih objektif. Bacaan lebih lengkap tentang pemanfaatan daftar tilik pelaporan.