Proses Publikasi

Proses Editorial Naskah

  1. Initial prareviu

Staf kantor editorial  melakukan pengecekan terhadap kemiripan substansi dengan sumber lain (similarity checking), dan kelengkapan file tambahan (materi yang diberikan dalam Pengabmas, kuesioner, dan data lainnya yang relevan).

Lamanya proses awal peninjauan prareviu maksimal 14 hari sejak penyerahan naskah, selanjutnya komunikasi antara staf kantor editorial dan penulis akan melalui panel discussion pada halaman submission. 

  1. Prareviu

Editor disesuaikan dengan keilmuan yang dimuat pada naskah. Dilakukan peninjauan prareviu guna mengkomunikasikan kelengkapan substansi isi naskah sebelum peninjauan mitra bestari melalui panel discussion, waktu yang diperlukan dalam proses ini bergantung kepada ketersediaan editor, dan lamanya prareviu maksimal 30 hari sejak penugasan. 

  1. Formal review

Peninjauan mitra bestari dilakukan oleh sejawat selain anggota dewan editor, atau dapat dilakukan oleh anggota dewan editor jurnal JIPPM. Editor akan mengirimkan naskah (tanpa identitas dan afiliasi penulis) kepada beberapa (minimal dua orang) mitra bestari yang sesuai dengan keilmuan bahasan naskah. Komunikasi antara mitra bestari dan penulis akan dimoderatori oleh editor, lamanya satu kali peninjauan/naskah yang sedang ditinjau (round) adalah dua minggu, dan total waktu dalam proses ini adalah minimal 30 hari, dan maksimal 75 hari.

  1. Pascareviu

Peninjauan pascareviu dilakukan oleh kepada editor JIPPM. Komunikasi yang dibangun antara editor, penulis, dan kepala editor dalam proses ini bertujuan sebagai bagian akhir untuk mendapatkan bagian terbaik naskah sebelum diterbitkan. Lamanya proses pascareviu adalah 15 hari.

Proses Produksi

  1. Naskah diterima, penerbitan abstrak

Naskah yang telah melalui proses pascareviu akan diterima oleh editor, dan abstraknya dimasukkan ke dalam edisi terbitan terdekat.

  1. Proofreading, dan copyediting

Proses ini adalah penyuntingan yang meliputi modifikasi kalimat (jika diperlukan), pengecekan bahasa, tabel, dan gambar dan kurasi metadata referensi (in-cite dan daftar pustaka). Editor akan memasukkan file-file pendukung naskah ke dalam repositori data (Fighsare dan Zenodo). Naskah uncorrected proof dikomunikasikan kepada penulis, dan selanjutnya tahap produksi.

  1. Penyesuaian gaya selingkung jurnal JIPPM, dan penerbitan teks lengkap

Penyediaan teks lengkap yang sesuai dengan gaya selingkung jurnal JIPPM dimungkinkan dengan luaran berformat XML dan PDF.