Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

A. SUMMARY

Sebagai persyaratan dasar, semua naskah yang diserahkan ke Health Information : Jurnal Penelitian harus merupakan karya asli, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah harus ditulis sesuai dengan format "Recommendations for the Conduct, Reporting, Editing and Publication of Scholarly Work in Medical Journals" (http://www.icmje.org/), yang didirikan oleh International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE) dan diperbarui pada Desember 2019. Dewan Editorial berhak untuk mengedit semua artikel dalam aspek gaya, format, dan kejelasan. Penulis dapat diminta untuk merevisi naskah mereka karena alasan dari aspek apa pun. Naskah dengan kesalahan berlebihan dalam aspek apa pun dapat dikembalikan ke penulis untuk diketik ulang atau dapat ditolak. Semua manuskrip akan melalui tinjauan sejawat (peer review) dan editorial.

Kami menerima empat jenis artikel: (1) artikel asli: penelitian medis dasar, penelitian klinis, atau penelitian komunitas; (2) laporan kasus; (3) ulasan artikel (review); (4) resensi text book. Penelitian medis dasar mencakup penelitian in vitro atau penelitian pada hewan. Penelitian klinis mencakup studi yang dilakukan pada subyek manusia. Penelitian komunitas mencakup studi yang dilakukan di masyarakat dan terkait dengan kebijakan kesehatan. Laporan kasus mencakup laporan menarik dari kasus tunggal dan seri kasus yang juga menyediakan beberapa analisis statistik. Artikel ulasan termasuk ulasan sistematis dan naratif yang memiliki kebaruan di bidang medis. resensi text book merupakan ulasan praktisi tentang suatu buku panduan dalam bidang kesehatan yang masih terkait dan memiliki dampak penting pada penelitian medis, kebijakan kesehatan, dan pembelajaran di perguruan tinggi kesehatan.

Penulis harus melampirkan isian formulir Conflict of Interest (jika menemukan kesulitan dalam mengakses formulir, Anda dapat langsung mengunjungi link berikut)

B. KEPENULISAN

Penentuan Siapa Penulis Naskah

Rekomendasi International Commettee of Medical Journal Editors bahwa untuk memasukkan nama seseorang sebagai penulis pada artikel perlu diperhatikan empat kriteria:

  1. Memberikan kontribusi pada substansi konsep atau desain naskah. Baik itu akuisisi, analisis, atau interpretasi data. DAN
  2. Melakukan penyusunan atau merevisi naskah pada konten keilmuan yang penting secara kritis. DAN
  3. Memberikan persetujuan akhir pada naskah yang akan diterbitkan. DAN
  4. Memberikan persetujuan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan integritas bagian mana pun dari pekerjaan diselidiki dan diselesaikan dengan tepat.

Dalam hal ini bukanlah tugas pengelola jurnal untuk menentukan siapa saja yang memiliki kualifikasi sebagai penulis suatu naskah atau menjadi penengah suatu konflik kepengarangan, namun pekerjaan tersebut seharusnya selesai sejak sebelum naskah diserahkan (submitted) ke penerbit jurnal. Penulis utama yang menjadi koresponden perlu mengidentifikasi ­co-author bertanggung jawab pada suatu bagian dari proses penyusunan naskah atau ketika naskah sedang diproses review.

Penyelesaian terkait menambah atau menghilangkan nama penulis dari naskah/artikel setelah naskah tersebut di serahkan ke penerbit atau setelah artikel tersebut terbit, dibutuhkan tanda tangan setiap penulis yang namanya tercantum dan yang namanya akan ditambahkan dan dihilangkan disertai penjelasan dari tim penulis terhadap hal tersebut.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah tetap aktifnya kontak koresponden saat naskah sedang berproses terbit dan setelah artikel diterbitkan.

Kontribusi yang Tidak Termasuk sebagai Penulis

Kontribusi yang sifatnya jauh dari 4 kriteria pada bagian sebelumnya tidak boleh dituliskan namanya sebagai penulis pada naskah/artikel, namun peranannya wajib diakui. Mereka adalah supervisor tim peneliti, admin pembantu, asisten penulisan, editor teknis naskah, editor Bahasa, dan penelaah susunan isi naskah. Peran mereka dapat disebutkan secara individu atau kelompok. Namun yang wajib adalah pekerjaan masing-masing kontributor perlu dijelaskan secara spesifik (contoh: “sebagai penasihat ilmiah/pembimbing”, “secara kritis meninjau naskah”, “mengumpulkan data penelitian”, “berpartisipasi dalam perbaikan teknis naskah”)

C. PERNYATAAN AKTIVITAS DAN HUBUNGAN FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL, DAN KONFLIK KEPENTINGAN

Penulis yang naskahnya telah melalui proses pra review dan dinyatakan diterima untuk diterbitkan di Health Information : Jurnal Penelitian (HIJP) maka wajib mengisi dan melampirkan pernyataan hubungan dan aktivitas yang diadopsi oleh HIJP dari International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE) Disclosure form (Conflict of Interest/CoI form).

E. PERLINDUNGAN TERHADAP PARTISIPAN (OBJEK) PENELITIAN

Partisipan (objek) suatu pekerjaan ilmiah berkaitan erat dengan hak privasi dan hak diperlakukan dengan baik dan sesuai standar yang berlaku. HIJP merekomendasikan kepada penulis yang naskahnya telah disetujui untuk diterbitkan, agar memberikan pernyataan tertulisnya terkait upaya yang telah dilakukan untuk mendapatkan legalisasi penggunaan partisipan (objek) penelitiannya. Pernyataan ini berisi keterangan telah/belum didapatkannya persetujuan etik dari Lembaga etik dan apakah terdapat isian informed consent partisipan. Pernyataan penulis ini perlu dikirimkan bersama dengan Disclosure form (Conflict of Interest/CoI form).

F. HAK CIPTA

Health Information : Jurnal Penelitian (HIJP) memegang hak cipta artikel, sehingga artikel yang telah diterbitkan harus dikembalikan identitasnya kepada HIJP. Lisensi yang diadopsi oleh HIJP adalah Creative Common Attribution-Sharealike 4.0 International License (CC-BY-SA).

G. PUBLIKASI TUMPANG TINDIH

Duplikasi pada Pengiriman Naskah

Penulis tidak diperkenankan mengirimkan naskah yang sama (baik itu naskah asli atau terjemahannya) kepada penerbit jurnal lain ketika naskah tersebut sedang berporses di HIJP (belum dinyatakan diterima/ditolak).

Duplikasi dan Publikasi Sebelumnya

Usaha berikut bukan merupakan bentuk duplikasi dari publikasi pertama kali: 1) penulis melalukan pengarsipan mandiri (self-archiving) pada server preprint, sehingga HIJP membolehkan penulis mengirimkan naskah yang telah diunggah pada server preprint untuk diproses penerbitannya pada HIJP (dengan syarat penulis menginformasikan kepada Chief Editor bahwa naskah tersebut telah diunggah pada server preprint). 2) isi naskah yang berkaitan dengan saran pengobatan, laporan perkembangan penyakit, bahaya yang mengancam keselamatan umum (seperti namun tidak terbatas pada: efek samping obat, vaksinasi, alat kesehatan, atau produk-produk biologis) yang disebarkan melalui media massa, agen pemerintah, atau perusahaan pada saat naskah tersebut telah diterima oleh HIJP namun belum diterbitkan. Hal yang dilarang adalah menyebarkan isi penelitian diluar konteks yang diizinkan sesuai dengan penjelasan pada poin (2) di atas saat naskah sedang berproses pada HIJP dan belum diterbitkan.

Intinya adalah segala usaha yang telah dilakukan oleh penulis untuk membuka isi penelitiannya/pekerjaannya kepada masyarakat sebelum hasil pekerjaan tersebut diajukan kepada HIJP wajib dilaporkan ke Chief Editor.

Publikasi Naskah Kedua

Mempublikasikan naskah kedua dari isi artikel yang telah dipublikasikan sebelumnya dipandang bermanfaat saat dimaksudkan untuk mendiseminasi informasi penting kepada masyarakat. Mempublikasikan naskah kedua dari isi artikel yang telah dipublikasikan (atau sedang diproses) oleh HIJP harus sesuai dengan kriteria berikut:

  1. Kedua editor yang menangani naskah (utama/kedua) menyetujui penerbitan ini (Chief editor/editor pada publikasi naskah kedua perlu memiliki akses dari versi utama).
  2. Diperlukan diskusi antara kedua editor dan penulis untuk menentukan mana yang perlu diprioritaskan untuk terbit.
  3. Naskah kedua wajib diarahkan untuk pembaca yang berbeda dari naskah/artikel utama.
  4. Naskah kedua wajib mencerminkan versi utama artikel/naskah (penulis, data, dan interpretasi).
  5. Wajib memberikan notifikasi kepada chief editor (jika naskah kedua dipublikasikan pada HIJP) bahwa publikasi tersebut telah diterbitkan seluruhnya atau sebagiannya pada HIJP/jurnal yang lain, dan publikasi naskah kedua ini wajib mensitasi versi utamanya.
  6. Judul naskah/artikel publikasi kedua wajib mengindikasikan bahwa naskah/artikel tersebut merupakan publikasi kedua.
  7. Naskah dengan Satu Sumber Database

HIJP menerima naskah dari hasil kerja bersama dengan satu sumber database yang naskahnya diajukan oleh penulis yang lain.

H. KORESPONDENSI

Email korespondensi penulis utama artikel yang diterbitkan oleh HIJP merupakan cara penerbit jurnal menjaga agar pembaca dan penulis artikel dapat selalu terhubung. Artikel yang telah dipublikasikan, perlu diperhatikan oleh tim penulis apakah terdapat diskusi yang mengarah pada pembahasan substansi isi artikel yang hal ini dapat berimplikasi pada revisi artikel yang telah diterbitkan. HIJP memanfaatkan layanan Plaudit, Hypothes.is, dan Worldcat OCLC dan media sosial Twitter untuk mewadahi diskusi kepada penulis artikel.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.