Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Psikososial dan Motorik Halus pada Anak Usia 48-60 Bulan di Kota Kendari

Authors

  • Arsulfa
  • Fitriyanti Poltekkes Kemenkes Kendari, Indonesia
  • Heyrani Poltekkes Kemenkes Kendari, Indonesia

Abstract

Latar belakang: Perkembangan anak yang optimal dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya stimulasi.Stimulasi merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang anak. Anak yang mendapatkan stimulasi terarah, teratur, dan dilakukan sejak lebih dini akan lebih cepat berkembang dibandixngkan dengan anak yang kurang atau terlambat mendapatkan stimulasi. Kurangnya stimulasi dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan pada anak. teknik pengambilan sample pada penelitian ini secara Purposive Sampling. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh stimulasi motorik halus terhadap perkembangan psikososial dan motorik halus pada anak usia 48-60 bulan di Kota Kendari.

Metode penelitian : rancangan intervensi dengan desaineksperimen kuasi, yaitu pre dan pos tes pada kelompok intervensi dan kontrol. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji man Witnay karena sebaran data tidak berdistribusi normal. Untuk uji wilcoxson digunakan untuk menguji ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah intervensi, sedangkan uji Man –Witnay digunakan untuk menguji ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok kontrol dan kelompok intervernsi.

Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan skor nilai perkembangan motorik halus antara kelompok kontrol dan intervensi. Sehingga tidak terdapat pengaruh stimulasi terhadap perkembangan motorik halus anak

 

Published

2023-08-20

How to Cite

Arsulfa, Fitriyanti, F., & Heyrani, H. (2023). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Psikososial dan Motorik Halus pada Anak Usia 48-60 Bulan di Kota Kendari. Health Information : Jurnal Penelitian, 15(2). Retrieved from https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp/article/view/903

Issue

Section

Original Research

Citation Check

Most read articles by the same author(s)