Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien JKN dan Umum Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat

Authors

  • Egril Rehulina Ritonga Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Fatma Indriani Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rapotan Hasibuan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36990/hijp.v17i2.1694

Keywords:

kepuasan Pasien, kualitas pelayanan, Jaminan kesehatan Nasional (JKN)

Abstract

Ringkasan:  Latar belakang: Rumah sakit merupakan elemen penting dalam sistem sosial dan kesehatan yang menyediakan layanan medis komprehensif. Tingkat kepuasan pasien JKN dan umum dapat bervariasi berdasarkan kualitas pelayanan yang diterima. Tujuan: Membandingkan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di RSUD Rantauprapat. Metode: Penelitian analitik dengan desain cross-sectional dilakukan pada 11 Februari hingga 3 Maret 2025 menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Sampel sebanyak 136 responden (68 pasien JKN dan 68 pasien umum) dipilih secara accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis lima dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dengan skala Likert. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil: Tingkat kepuasan pasien JKN sebesar 65,00% dan pasien umum 76,25%. Perbedaan signifikan ditemukan pada dimensi responsiveness (p=0,000) dan empathy (p=0,038), sementara dimensi lainnya tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Simpulan: Kepuasan pasien JKN lebih rendah dibanding pasien umum, terutama pada dimensi responsiveness dan empathy. Saran: Dianjurkan mengadakan pelatihan staf terkait responsiveness dan empathy guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien baik JKN maupun umum.

References

Ahmad, G. G., Budiman, B., Setiawati, S., Suryati, Y., Inayah, I., & Pragholapati, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.866

Christiani Nababan, M., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 4(2), 6–16. https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i2.10565

HENDRA, S., 2023. PERBEDAAN KEPUASAN ANTARA PASIEN PESERTA BPJS MANDIRI DAN UMUM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN UPTD PUSKESMAS PATIMUAN (Disertasi Doktor, Universitas Al-Irsyad Cilacap)

Kartini, T., Aulia, S., & Ardiansyah, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Sinar Winaya Medika Sagalaherang. The World of Business Administration Journal, 1(1), 60–69. https://doi.org/10.37950/wbaj.vi.1668

Kemenkes Nomor 30 Tahun. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.

Krismanto, H., & Irianto, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Dumai. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 3(1), 32. https://doi.org/10.24198/jmpp.v3i1.26677

Listiani, R., Pebriyanti, A., Fawwaz, M., & Istanti, N. D. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL?: a Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 645–652. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/9248

Lubis, Z. M., & R, S. H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit ‘Aisyiyah Pariaman Terhadap Kepuasan Peserta Jkn (Jaminan Kesehatan Nasional). Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 4(1), 31. https://doi.org/10.31958/imara.v4i1.2089

Mahda, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Bed Occupancy Rate Melalui Kepuasan Pasien. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/101146/Ahmad Aviv Mahda - 172520102027_1.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Muttaqien, A. R., & Maidin, A. (2024). Peqguruang: Conference Series. 6. https://doi.org/10.35329/jp.v6i2.5698

Pitriani, P. (2025). MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN OPERASIONAL MELALUI SERVICE BLUEPRINTING?: MENINGKATKAN. February.

Pringsewu, U. A., Homepage, J., Tirtasena, A., Putri, D. K., Wibowo, C. A., Amanda, H., Ariska, K., Cahyani, V. D., Anjani, V. T., Farmasi, S. S., Kesehatan, F., Pringsewu, U. A., Diploma, S., Kebidanan, T., Kesehatan, F., Aisyah, U., Program, M., Sarjana, S., Kesehatan, F., & Aisyah, U. (2024). REVIEW?: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI. 3.

Putri, W. A., Arlianti, N., & Ariscasari, P. (2023). Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(1), 206–212.

Rechika Amelia Eka Putri1, D. R. E. (2024). Medic nutricia 2024,. 4(1), 1–6. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa

Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN (Servqual – Parasuraman) DALAM MEMBENTUK KEPUASAN PELANGGAN SEHINGGA TERCIPTA LOYALITAS PELANGGAN. DIALEKTIKA?: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i1.285

Sirappa, E. Y. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Bpjs Di Rawat Jalan Rsud Kota Makassar. Skripsi, 62.

Tahun, M., Ika, P., Indraswari, I., & Kalpika, I. P. E. (2023). Kefarmasian Pada Pasien Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas. 2(2), 71–75.

Widiastuti, N. M., Nopiyani, N. M. S., & Karmaya, I. N. M. (2015). Perbedaan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Empat Jenis Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(2), 119–125. https://doi.org/10.15562/phpma.v3i2.102

Yunita, N., Husin, & Ningsih, E. R. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Sistem Online. 1–64.

Bitjoli, V. O., & Buanasari, A. (2019). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Di Rsud Tobelo. E-Journal Keperawatan, 7(1), 1–8. https://journal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/27576/16884

DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf15329 Status Jaminan Kesehatan Nasional Kelas Rawat Inap Standar Sebagai Penentu Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan pada Dimensi. (2024). 15(September), 487–492.

Linda, L., Haskas, Y., & Kadrianti, E. (2020). Perbedaan Persepsi Pengguna Jasa Bpjs Dan Non Bpjs (Umum) Tentang Kualitas Pelayanan Keperawatan Dirsud Timika-Papua. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 139–143. http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/180

Mutu, P., Kesehatan, P., & Kepuasan, T. (2024). JURNAL. 7(4), 676–684.

Parasuraman, A., Zaithaml, V. A., & L., A. B. L. (2008). SERVQUAL?: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing, 64(September 2014), 12–35.

Pratama, Y. Y., Hidayat, M. S., Marwati, T. A., Handayani, L., & Adnan, M. L. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Subsidi dan Pasien JKN Non Subsidi Dimensi Reliability dan Responsiveness: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Rajawali Citra. Indonesian Journal of Hospital Administration, 5(2), 53. https://doi.org/10.21927/ijhaa.2022.5(2).53-62

Puspitasari, A. D., Pertiwiwati, E., & Rizany, I. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dengan Pasien BPJS Berdasarkan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rsud Ratu Zalecha Martapura. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 93. https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.5869

Sakit, D. R., Hidayat, M., Ratnajaya, A., Gunadi, M. A., & Hastuti, E. H. (2025). Literature Review?: Tingkat Kepuasan Pasien Jkn Dan Non-Jkn Terhadap Pelayanan Kesehatan. 10(1), 330–335.

Sri Wulan W, I. G. A., Pertiwi, N. K. F. R., & Prasetya, M. A. (2019). Gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS dan pasien umum terhadap pelayanan di faskes tingkat pertama poli gigi Puskesmas IV Denpasar Selatan. Bali Dental Journal, 3(2), 64–69. https://doi.org/10.51559/bdj.v3i2.166

Sumadi, A. F., Mardiyoko, I., & Pratama, Y. Y. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap: Literatur Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 8(1), 86. https://doi.org/10.29241/jmk.v8i1.913

Zumria, Z., Narmi, N., & Tahiruddin, T. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya …, 01, 76–83. https://stikesks-kendari.e-journal.id/JIKK/article/view/465

JKN, S. (2022). Buku Statistik JKN 2016-2021. Dewan Jaminan Sosial Nasional: BPJS Kesehatan.

Published

2025-06-19

How to Cite

Ritonga, E. R., Indriani, F., & Hasibuan, R. (2025). Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien JKN dan Umum Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat . Health Information : Jurnal Penelitian, 17(2), 130–142. https://doi.org/10.36990/hijp.v17i2.1694

Issue

Section

Original Research

Categories

Citation Check