Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian utama Beralih ke bagian footer website

Edukasi Kader dan Masyarakat Pesisir Kecamatan Soropia sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Penatalaksanaan Kegawatan pada Anak

Cover JIPPM v1i1 2021

Abstrak

Upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penatalaksanaan kasus kegawatan yaitu choking (tersedak) yang terjadi pada anak dapat menurunkan angka kematian anak. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam penatalaksanaan kasus kegawatan yaitu choking (tersedak) yang terjadi pada anak. Metode yang digunakan adalah  penyuluhan dan demonstrasi tindakan penatalaksanaan tersedak pada anak. Kegiatan ini melibatkan partisipasi dari masyarakat Desa Mekar Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe sehingga mereka bisa memahami dan mampu melakukan langkah-langkah penatalaksanaan tersedak pada anak. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat menunjukkan respon positif dan antusias berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci

Empowering, Community, Knowledge, Emergency, Child Pemberdayaan, Masyarakat, Pengetahuan, Kegawatan, Anak

Teks Lengkap XML

Referensi

  1. Sumarningsih D, Prihatiningsih D. Pengaruh edukasi keluarga tentang pencegahan dan penanganan tersedak pada anak terhadap pengetahuan dan keterampilan keluarga Dusun Ngebel RT 09 Tamantirto Kasihan Bantul. Yogyakarta: STIKes Aisyiyah Yogyakarta; 2015.
  2. Palimbunga APS, Palendeng OEL, Bidjuni H. Hubungan posisi menyusui dengan kejadian tersedak pada bayi di puskesmas Bahu Kota manado. Jurnal Keperawatan. 2017;5(1). https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/561165
  3. Handy F. A-Z penyakit langganan anak. Depok: Pustaka Bunda; 2016. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=978-979-1480-87-1&searchCat=ISBN
  4. National Safety Council, Purwoko S. Pertolongan pertama dan RJP pada anak. Jakarta: Arcan; (Pediatric first aid and CPR, 4th ed.) 2006.
  5. Rohmawati VK, Safitri W, Afni ACN. Pengalaman ibu dalam menangani anak tersedak pada usia toddler di Posyandu Dusun Kalongan Papahan Tasikmadu. Surakarta: STIKes Kusuma Husada; 2015.
  6. Wong DL, Hockenberry-Eaton M, Wilson D, Winkelstein ML, Schwartz P. Buku ajar keperawatan pediatrik Wong. Vol 1. 6. Jakarta: EGC; 2009.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama