Paparan Pornografi melalui Televisi dan Perilaku Seksual Remaja di SMA Negeri 2 Kendari
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan teknologi dewasa ini semakin memudahkan komunikasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Saat ini media cetak dan elektronik merupakan lingkungan yang dekat dengan remaja. Televisi merupakan media elektronik yang mudah diakses oleh remaja karena banyaknya informasi dan siaran berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paparan konten pornografi melalui televisi dan perilaku seksual remaja di SMAN 2 Kendari. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study. Sampel penelitian sebanyak 69 remaja di SMAN 2 Kendari. Sebagian besar responden (53.1%) secara rendah terpapar pornografi dari media televisi. Perilaku seksual ringan pada 60 responden (86.96%). Mayoritas perilaku seksual yang sering dilakukan adalah berpegangan tangan (57.9%). Sebanyak 5 responden (7,2%) melakukan ciuman dengan lidah saat berpacaran. Sebagian besar responden memiliki perilaku teman sebaya yang rendah (57,9%).
Article Metrics
Metrik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal and able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book).
##plugins.generic.funding.fundingData##
-
Poltekkes Kemenkes Kendari
##plugins.generic.funding.funderGrants## DL.11.02/1/1097/2018
Referensi
Brown, J. D. (2002). Mass media influences on sexuality. The Journal of Sex Research, 39(1), 42–45.
Brown, J. D., & Keller, S. N. (2000). Can the mass media be healthy sex educators? Family Planning Perspectives, 32(5), 255–256.
Collins, R. L., Elliott, M. N., Berry, S. H., Kanouse, D. E., & Hunter, S. B. (2003). Entertainment television as a healthy sex educator: The impact of condom-efficacy information in an episode of friends. Pediatrics, 112(5), 1115–1121. https://doi.org/10.1542/peds.112.5.1115
Escobar-Chaves, S. L., Tortolero, S. R., Markham, C. M., Low, B. J., Eitel, P., & Thickstun, P. (2005). Impact of the media on adolescent sexual attitudes and behaviors. Pediatrics, 116(1), 303–326.
Hurlock, C., Elizabeth B. (1993). Perkembangan Anak (6th ed.). Erlangga.
Kunkel, D., Cope, K. M., Farinola, W. J. M., Biely, E., Rollin, E., & Donnerstein, E. (1999). Sex on TV: A Biennial Report to the Kaiser Family Foundation. Executive Summary. Kaiser Family Foundation, 2400 Sand Hill Road, Menlo Park, CA 94025 (Free Publication #1457). https://eric.ed.gov/?id=ED445371
Paquette, D., & Ryan, J. (2001). Bronfenbrenner’s Ecological Systems Theory.
Sarwono, S. W. (2010). Psikolog Remaja (Edisi Revisi). RajaGrafindo Persada.
Strasburger, V. C., & Donnerstein, E. (1999). Children, adolescents, and the media: Issues and solutions. Pediatrics, 103(1), 129–139. https://doi.org/10.1542/peds.103.1.129